Monday 14 September 2009

Ubah Template Blog

Bagi Teman-teman yang mungkin mau merubah tempalte blognya (bisa dibilang juga tema atau background blog), di sini gw mau berbagi bagaimana caranya merubah template blog teman-teman sekalian.

Langkahnya seperti ini :


  1. Buka web penyedia template-template yang dapat digunakan untuk blog kalian. Contohnya gw berikan 2 : http://btemplates.com/ dan http://www.bloggerstyles.com/ di web yang gw berikan ini tersedia bermacam-macam template yang bisa dijadikan referensi teman-teman sekalian.
  2. Pilih template yang teman-teman suka lalu download templatenya. Kalau teman-teman agak ragu dengan templatenya, bisa juga kok di preview dulu. Caranya gampang, klik aja tulisan Preview atau Demo di webnya.
  3. Setelah di download, bagi teman-teman yang mendapatkan file yang hasilnya dalam ekstensi file *.rar, file tersebut di ekstrak dulu dengan cara klik kanan di file-nya lalu pilih extract here atau extract file. Kalau yang hasilnya dalam ekstensi *.xml itu sudah ok dan ikuti langkah selanjutnya.
  4. Kalau sudah mendapatkan file *.xml-nya, lalu kita buka blog kita dan pilih edit lalu klik tata letak atau layout lalu klik edit HTML, lalu browse tempat kita menaruh file template (yang ekstensinya *.xml) yang sudah kita download tadi, kalau sudah klik upload atau unggah. Catatan : Langkah ke-4 ini khusus buat teman-teman yang bikin blog di blogger, buat teman-teman yang bikin blog-nya di tempat lain mungkin berbeda cara mengedit blog-nya, maap banget nih ya sebelumnya. hehehehe. oh iya lupa, bagi teman-teman yang di blog-nya ada macem" fitur seperti jam atau musik atau apalah gitu kayak blog gw ini, maka semua fitur-fiturnya akan hilang (akan ada peringatannya dahulu yang diberikan oleh blogger). Saran saya di backup dulu page sourcenya (tulisan-tulisan yang ada di kotak Edit HTML-nya) supaya teman-teman tidak perlu repot-repot mencari-cari source kodenya lagi.
  5. Setelah itu kalau teman-teman mau melihat previewnya klik aja priview/pratinjau, nanti teman-teman dapat melihat Demo hasil-nya. Kalau sudah simpan template/save template dan setelah itu maka jadilah baru tampilan blog kalian. hehehehehe.


Ok, kalau begitu selamat mencoba. Kalau ada pertanyaan bisa lewat comment, E-mail, atau chat langsung sama gw (bisa lewat YM atau Gtalk, klik aja tuh iconnya).

0 comments:

Post a Comment

Followers